Ramadhan Bulan Kerja

Oleh: Supendi

Siapa bilang dengan puasa menjadi tidak produktif?. Pengalaman sebaliknya Ramadahan benar-benar banyak memberi berkah bagi banyak orang, di bulan ini adalah musim bagi semua pelaku usaha, dari petani, pedagang, penjahit, pengusaha baik grosir maupun eceran, demikian pula dengan pekerja kantor.

Mencermati bahwa Ramadhan memberikan efek positif ke seluruh lini kehidupan, berkah ini bukan hanya menjadi ajang mengeruk
keuntungan secara pribadi semata, namun lebih mengarah kepada semangat kerja dan ibadah menjadi satu. Bagaimana tidak justru dengan hadirnya ramadan rezeki menjadi bertambah maka sangat naif sekali jika kita mengingkari kehadiran ramadhan hanya demi dunia saja. Jika mengaggap bahwa ramadan membawa rezeki tersendiri bagi semua pelaku usaha tentu kehadirannya sangat ditunggu setiap tahunnya, dan menyadari bahwa ramadan benar-benar memberi berkah untuk semua sudah barang tentu kita juga mengisinya dengan aneka ibadah tanpa meninggalkan kewajiban bekerja.

Jika bekerja memberikan pendapatan secara material, ramadhan juga memberi manfaat bagi jasmani yaitu menyehatkan. Analogi dari puasa adalah menenangkan hati, mengurangi kerja organ fisik yang biasanya bekerja secara keras, juga memberi kesempatan organ tubuh untuk rehat dari toksin atau racun makanan yang selama ini masuk kedalam tubuh sehingga tubuh harus bekerja keras untuk melawan.

Ramadhan menjaga keseimbangan alam. Perputaran alam begitu sempurna dan seimbang hal ini sudah diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa, hadirnya ramadhan memberi keseimbangan bahwa alam dan manusia termasuk benda-benda di atas permukaan bumi senantiasa bergerak sebagai penyeimbang bumi, dan inilah yang terjadi.

Artinya selain ramadhan adalah bulan diwajibkannya berpuasa, ada banyak sekali berkah yang hadir baik secara sosial maupun secara pribadi, disamping imbalan pahala yang sudah dijanjikan Allah SWT kepada hambanya yang berusaha menjadi mahluk yang bertakwa. Wallahu A'lamu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.